150 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Hitung dan Konversinya

Bppkibandung.id – Saat membaca resep kamu pasti sering melihat satuan gram pada beberapa bahan tertentu. Namun, karena tidak semua orang punya timbangan di rumahnya, hal ini membuat banyak orang penasaran dengan 150 gram berapa sendok makan. Sebenarnya satuan gram dapat diubah ke satuan lain.

Satuan gram dapat diubah menjadi takaran sendok makan yang membuatnya lebih mudah untuk diukur. Sebagian orang mungkin tidak punya timbangan, tapi hampir semua orang tentu memiliki sendok makan yang bisa dibuat untuk mengukur bahan makanan tertentu ini.

Namun, takaran sendok makan untuk air, tepung terigu, gula pasir, dan bahan-bahan seperti ini lainnya tidaklah sama. Hal ini terjadi karena tekstur, bentuk, dan ukuran dari beberapa bahan tersebut sangat berbeda. Untuk mengetahui takaran sendok makan dari masing-masing bahan itu, simak artikel ini!

Takaran 150 Gram Berapa Sendok Makan?

Semua orang mungkin bisa belajar masak dengan mencari resep melalui internet, tapi tidak semua orang bisa memahami hasil konversi satuan gram menjadi takaran sendok makan. Oleh karena itu, kami akan membagikan bagaimana cara untuk menghitung satuan gram menjadi sendok makan.

Baca Juga:  1 dm Berapa Liter? Cara Hitung dan Konversi Satuan Berat

Pada dasarnya, 1 sendok makan setara dengan 8 gram tepung terigu. Jadi, jika di dalam resep tertulis 150 gram tepung terigu, maka kamu harus menyiapkan bahan tersebut sebanyak 18,75 sendok makan. Hal ini terjadi karena 150 gram tepung terigu dibagi 8 gram dan hasilnya 18,75 sendok makan.

Namun, takaran ini tidak akan sama dengan bahan-bahan makanan lainnya yang biasa ditulis dengan menggunakan satuan gram juga. Jika takaran tepung terigu sebanyak 150 gram akan setara dengan 18,75 sendok makan, untuk bahan-bahan lainnya akan kami bahas di bawah ini!

Konversi 150 Gram Bahan Makanan Lainnya ke Takaran Sendok Makan

Sebelumnya kami sudah menjelaskan tentang tepung terigu 150 gram sama dengan berapa sendok makan. Kini kami akan menjelaskan juga hasil konversi gram ke sendok makan untuk bahan-bahan makanan lainnya, yaitu:

1. Air

Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya hasil konversi 150 gram berapa sendok makan untuk bahan makanan air. Sebenarnya, 1 sendok makan air akan setara dengan 15 gram. Hal ini membuat 150 gram air akan setara dengan 10 sendok makan, karena 150 dibagi 15 adalah 10.

Baca Juga:  1 Ons Berapa dag? Contoh Soal dan Pembahasan Hitungnya

2. Gula Pasir

Takaran sendok makan gula pasir juga berbeda dengan kedua jenis bahan makanan sebelumnya. Sebab, 1 sendok makan gula pasir sama dengan 12,5 gram, sehingga jika jumlah ini diubah menjadi takaran sendok makan, maka 150 gram gula pasir sama dengan 12 sendok makan.

Penjelasan seperti ini memang harus diketahui oleh orang-orang yang gemar memasak. Sebab, orang awam akan merasa kesulitan untuk mengetahui hasil konversi 150 gram berapa sendok makan. Jadi, simak beberapa poin yang telah kami sebutkan di atas.