50 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Hitung dan Perkiraannya

Bppkibandung.id – Proses konversi satuan standar ke satuan tidak baku memang cukup rumit untuk dilakukan, sehingga tidak semua orang tahu bagaimana cara melakukannya. Untuk memudahkan kalian dalam memahami 50 gram berapa sendok makan, di sini kami akan membahas tentang cara menghitungnya.

Ada banyak resep yang menggunakan satuan gram pada saat menulis jumlah bahan makanan yang harus dipakai. Sebagai contoh, 50 gram tepung terigu, 50 gram gula pasir, 50 gram gula halus, hingga 50 gram mentega. Namun, terkadang orang-orang tidak bisa mengukur jumlah bahan ini dengan baik.

Sebab, mereka tidak punya timbangan sendiri di rumah yang akhirnya membuat mereka menambahkan jumlah bahan makanan sesuai dengan feeling-nya saja. Tentu hal ini dapat berpengaruh terhadap rasa masakannya. Untuk menghindari hal itu, simak artikel ini sampai akhir.

Takaran 50 Gram Berapa Sendok Makan?

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya proses konversi satuan standar ke satuan tidak baku memang lebih sulit dibanding proses konversi satuan standar ke satuan standar lainnya. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk menghafal hasil konversinya dibanding menghitung sendiri.

Baca Juga:  100 ml Berapa Sendok Makan? Cara Menghitung dan Konversinya

Sebenarnya, hasil konversi 50 gram tepung terigu dan 50 gram gula pasir tidak akan sama. Sebab, kedua jenis bahan makanan ini memiliki berat dan bentuk yang berbeda. Jadi, di sini kami tidak hanya akan membahas tentang hasil konversi 50 gram tepung terigu saja, tapi juga bahan lainnya, yaitu:

  • 50 gram gula pasir = 3,33 sendok makan
  • 50 gram tepung terigu = 8,5 sendok makan
  • 50 gram tepung ketan = 10 sendok makan
  • 50 gram tepung beras = 10 sendok makan
  • 50 gram margarin atau mentega = 5 sendok makan
  • 50 gram susu bubuk = 5 sendok makan

Cara Menghitung Satuan Gram ke Takaran Sendok Makan dengan Benar

Setelah mengetahui jawaban dari 50 gram berapa sendok makan untuk setiap bahan makanan yang berbeda, sekarang kamu harus tahu cara menghitungnya secara tepat. Sebab, menghitung ulang jumlah bahan makanan seperti ini akan lebih baik dibanding menghafal jawaban yang sudah diketahui.

Ada rumus khusus yang bisa digunakan untuk menghitung 50 gram setara dengan berapa sendok makan, dan rumus tersebut adalah:

  • Jumlah takaran sendok teh dari suatu bahan = berat bahan makanan per sendok teh
  • Jumlah takaran sendok makan dari suatu bahan = berat bahan makanan per sendok makan
Baca Juga:  1 Pon Berapa Ons? Cara Hitung, Pembahasan, Jawaban

Sebagai contoh, kamu hendak memakai 50 gram gula pasir untuk memasak kue maupun roti, maka hitung dengan menggunakan rumus:

50 / 15 = 3 1/3 sendok makan

Dengan mengetahui cara menghitung 50 gram berapa sendok makan seperti ini, kamu bisa lebih mudah untuk memahami resep dari suatu hidangan. Sebab, kamu bisa lebih mudah untuk menambahkan bahan makanan yang ditulis dalam satuan gram.