120 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Hitung Tercepatnya

Bppkibandung.id – Biasanya, jumlah tepung dan gula pasir yang harus dipakai pada sebuah resep akan ditulis dalam satuan gram. Namun, tidak semua orang memiliki alat ukur timbangan untuk menghitung jumlah bahan tersebut. Untuk itu, kamu harus tahu takaran 120 gram berapa sendok makan secara tepat.

Jika dibandingkan dengan jenis tepung yang lainnya, maka tekstur tepung terigu dan tepung jagung akan memiliki kepadatan yang sedang. Hal ini membuat hasil konversi 120 gram tepung terigu dengan jenis tepung lainnya berbeda. Kendati demikian, hal seperti ini bisa dihitung dengan cara yang mudah.

Selain itu, kamu juga bisa mencatat hasil konversinya setelah menghitungnya, agar kamu tidak perlu menghitungnya lagi saat hendak memasak hidangan yang sama. Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut adalah pembahasan lebih lengkap mengenai 120 gram berapa sendok ukur.

120 Gram Berapa Sendok Makan?

Sebelum masuk ke pembahasan, kamu harus tahu bahwa ukuran standar sendok makan kurang lebih 15 ml. Dengan mengetahui hal ini secara jelas, orang-orang bisa lebih mudah untuk memahami cara menghitung satuan gram menjadi sendok makan.

Baca Juga:  1 Troy Ons Berapa Gram? Jawaban, Cara Hitung, Konversi

Sebenarnya perubahan satuan gram menjadi takaran sendok makan ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat ukur timbangan. Namun, bagi orang-orang yang tidak punya timbangan mereka bisa mencatat hasil konversi yang akan kami bahas di artikel ini.

Apabila sendok makan yang dipakai memiliki ukuran standar bervolume 15 ml, maka 120 gram bahan makanan akan setara dengan 8 sendok makan. Selain itu, hasil konversi dari satuan gram menjadi sendok makan ini juga bisa berbeda tergantung bahan makanan yang diukurnya.

Contoh Penggunaan Berapa Sendok Makan dari 120 Gram

Tidak hanya tepung terigu dan tepung tapioka saja yang biasanya ditulis dalam satuan gram pada sebuah resep, tapi bahan-bahan makanan lainnya juga sering ditulis dalam satuan ini. Untuk itu, kamu perlu mengetahui contoh penggunaan bahan-bahan seperti:

1. Gula Pasir

Gula pasir memiliki tekstur yang lebih kasar dibanding berbagai jenis tepung, sehingga hasil konversi bahan makanan ini sedikit berbeda. Lantas, gula pasir 120 gram berapa sendok makan? Jawabannya adalah sekitar 7 sendok makan.

Baca Juga:  30 mL Berapa Sendok Makan? Cara Konversi dan Contohnya

2. Mentega

Bahan makanan lainnya yang sering ditulis dalam satuan gram adalah mentega. Untuk menimbang 120 gram mentega, kamu harus menyiapkan sekitar 10 sendok makan. Hal ini terjadi karena bentuk mentega berbeda dengan tepung dan gula pasir.

3. Tepung Terigu

Bahan makanan terakhir yang sering ditulis dalam satuan gram adalah tepung terigu. Hasil konversi 120 gram tepung terigu ke takaran sendok makan adalah kurang lebih 8 sendok makan. Hal ini sesuai dengan hasil konversi yang telah kami bahas sebelumnya.

Jika takaran bahan makanan yang dipakai tidak benar, maka cita rasa dari hidangan yang dimasak tidak bisa terjamin enak. Maka dari itu, kamu harus selalu mengingat 120 gram berapa sendok makan secara jelas.