30 Gram Berapa Sendok Makan? Ini Cara Hitung Takarannya

Bppkibandung.id – Tidak semua orang dapat membaca resep makanan dengan mudah, terutama orang-orang yang baru belajar masak. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang bertanya-tanya sebenarnya 30 gram berapa sendok makan, karena mereka masih merasa asing dengan satuan gram yang ada pada resepnya.

Biasanya, satuan gram seperti ini akan digunakan pada bahan-bahan seperti tepung terigu, tepung tapioka, tepung maizena, gula pasir, hingga gula halus. Beberapa bahan ini lebih sering digunakan pada saat seseorang hendak membuat kue, roti, maupun hidangan tepung lainnya.

Untuk menghitung satuan gram menjadi takaran sendok makan ini sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan timbangan. Namun, ada sebagian orang yang menganggap cara ini terlalu rumit, sehingga mereka lebih memilih untuk menghafalnya sejak awal. Untuk itu, simak artikel ini dengan baik.

Jadi, 30 Gram Berapa Sendok Makan?

Untuk mengetahui jawaban dari 30 gram itu berapa sendok makan, kamu harus mengetahui hasil konversinya dari 5 gram. Berikut adalah hasil konversi dari gram ke sendok makan yang dimulai dari satuan 5 gram sampai 300 gram:

  • 5 gram: 0,3 sendok makan
  • 10 gram: 0,6 sendok makan
  • 20 gram: 1,3 sendok makan
  • 30 gram: 2 sendok makan
  • 50 gram: 3,3 sendok makan
  • 100 gram: 6,6 sendok makan
  • 150 gram: 10 sendok makan
  • 200 gram: 13,3 sendok makan
  • 250 gram: 16,6 sendok makan
  • 300 gram: 20 sendok makan
Baca Juga:  3 m Berapa dm? Cara Menghitung dalam Konversi Panjang

Jadi, apabila di dalam resep ada tulisan 30 gram tepung terigu, maka kamu harus menambahkan 2 sendok makan tepung terigu ke adonan yang akan dimasak tersebut. Hal seperti ini harus diketahui sejak sebelum memasak hidangan tersebut, agar takarannya bisa pas dan rasanya bisa lezat.

Hasil Konversi dari Satuan Gram ke Sendok Makan untuk Setiap Jenis Bahan

Orang-orang yang baru belajar masak tidak hanya perlu mengetahui takaran 30 gram berapa sendok makan saja, tapi mereka juga perlu mengetahui perbedaan takaran dari setiap bahannya, yaitu:

1. Tepung Terigu

Tepung terigu adalah salah satu jenis tepung yang sering digunakan oleh sebagian orang untuk membuat kue dan roti. Takaran 1 sendok makan tepung terigu akan setara dengan 10 gram dan bisa dihitung kembali dengan menggunakan timbangan.

2. Tepung Tapioka

Saat ini tepung tapioka juga sering dipakai oleh orang-orang Indonesia untuk membuat masakan sehari-hari. Nantinya, 1 sendok makan tepung tapioka ataupun tepung jagung akan setara dengan 15 gram.

Baca Juga:  Cara Hitung 700 mL Berapa Gelas Belimbing dan Gelas Biasa

3. Minyak Goreng

Tidak jarang jumlah minyak goreng yang harus dipakai pada suatu resep akan ditulis dalam satuan gram. Dalam hal ini, 1 sendok makan minyak goreng akan setara dengan 13 gram dan jumlahnya ini harus dihitung dengan tepat, agar masakan tidak terlalu berminyak.

Takaran dari bahan-bahan yang akan dimasak memang harus diperhatikan dengan baik, karena dapat berpengaruh terhadap rasa dari masakan tersebut. Untuk itu, kamu harus selalu mengingat sebenarnya 30 gram berapa sendok makan.