7 dm Berapa cm? Cara Menghitung dan Contoh Soal Latihan

Bppkibandung.id – Dalam kehidupan sehari-hari, melakukan pengukuran panjang sering kali dilakukan. Biasanya ukuran panjang digunakan untuk mengukur jarak, panjang, ketebalan, ketipisan, dan lainnya. Ketika ada soal 7 dm berapa cm? Untuk menjawab soal, kamu harus memahami posisi dm ke cm dalam tangga satuan.

Pada umumnya jarak dm (desimeter) ke cm (centimeter) sangatlah berdekatan, sehingga seharusnya para pelajar harus bisa menyelesaikannya dengan cepat. Jika tidak hafal dengan tangga satuan panjang, sepertinya akan sulit menyelesaikan soal dalam waktu cepat dan hasil perhitungannya benar.

Sebenarnya soal satuan panjang sering ditemui kelas 3 SD, sayangnya masih banyak yang belum paham dengan beragam model soal satuan panjang. Untuk meningkatkan pemahaman dalam soal satuan panjang, kamu bisa simak penjelasan selengkapnya beserta contoh soal perhitungan.

Kira-kira 7 dm Berapa cm?

Perlu diketahui sebelumnya, tangga satuan panjang bisa digunakan untuk memudahkan setiap orang melakukan konversi satuan panjang. Rumus menentukan nilai satuan panjang sebenarnya sangatlah mudah, namun syaratnya para pelajar perlu menghafal posisi tangga satuan panjang tersebut.

Baca Juga:  1 hm Berapa dam? Cara Hitung Sesuai Konversi Panjang

Misalnya ada soal 7 dm berapa nilai cm? Perlu kamu ketahui sebelumnya, posisi dm (desimeter) berada tepat di atas cm (sentimeter). Berdasarkan aturan SI (Standar Internasional), saat menaikkan satu anak tangga, nilainya perlu dibagi 10. Lalu bagaimana konversi turun? Konversi satu tangga turun dikalikan 10.

Berhubung jarak dm (desimeter) ke cm (centimeter) hanya turun satu tangga, dapat disimpulkan bahwa 7 dm berapa cm jawabannya 7 x 10 = 70 cm. Perhitungan disesuaikan dengan nilai yang diminta oleh satuan desimeter, sehingga tinggal dikalikan 10 untuk merubahnya menjadi satuan centimeter.

Ketika ada pertanyaan lain misalnya 90 dm berapa cm? Cara jawabnya mudah, kamu tinggal mengalikan 90 x 10 = 900 cm. Jika sudah mengetahui posisi desimeter dan centimeter dalam tangga satuan panjang, para pelajar bisa mengerjakan soal hanya dalam waktu 10 detik saja.

Contoh Soal Satuan Desimeter (dm) dan Centimeter (cm)

Memahami teori dalam Matematika memang terlihat mudah, namun terkadang para pelajar bingung saat menemuinya dalam soal ujian. Soal ukuran panjang desimeter dan centimeter sudah sering muncul dengan berbagai model soal, sehingga para pelajar bisa memahaminya dengan cepat nantinya.

Baca Juga:  300 mL Berapa Sendok Makan? Ini Takaran dan Ukurannya

1. 5 dm + 100 cm = (Ubah satuannya menjadi cm)

5 dm = 5 x 10 = 50 cm

Jawabannya 50 cm + 100 cm = 150 cm

2. Contoh Soal 2

Jika panjang jalan sudah diaspal 20 dm, panjang jalan yang akan diaspal 300 cm. Lalu berapa cm jalan yang belum diaspal?

Panjang jalan belum diaspal = Panjang Seluruh Jalan Akan Diaspal- Panjang Jalan Sudah Diaspal

=  300 cm – (20 x 10) cm

= 100 cm

Pertanyaan 7 dm berapa cm? Sebelumnya sudah dijelaskan, jarak dm ke cm hanya turun satu tangga. Kamu tinggal mengalikan nilai dm dengan angka 10, sehingga bisa didapatkan hasilnya. Pahami soal satuan panjang dengan soal yang sudah dijelaskan di atas ya!