3 m Berapa dm? Cara Menghitung dalam Konversi Panjang

Bppkibandung.id – Biasanya memasuki jenjang sekolah dasar kelas 2, setiap siswa nantinya akan diperkenalkan dengan materi satuan panjang. Satuan panjang yang dimaksud meliputi cm, dm, m, dam, dan masih banyak lagi. Pernah mendapatkan pertanyaan 3 m berapa dm? Sebenarnya pertanyaan satu ini cukup mudah lho.

Jika kamu menemui soal satuan panjang dengan bentuk seperti itu, maka tinggal merubah satuan meter menjadi desimeter. Untuk bisa menjawabnya, tentu para siswa harus tahu terlebih dahulu letak satuan meter dengan desimeter dalam tangga satuan panjang.

Satuan panjang baku akan memudahkan pengguna mengetahui jarak meter ke desimeter menunjukkan kenaikan atau penurunan. Jika posisi tangga satuan naik, maka nilai dibagi dengan angka 10. Begitu juga sebaliknya, posisi tangga satuan turun bisa dikalikan dengan angka 10.

Memangnya 3 m Berapa dm?

Sebelum membahasnya secara detail, kamu harus memahami terlebih dahulu bahwa satuan panjang dibagi menjadi dua yaitu baku dan tidak baku. Satuan baku yang dimaksud disini meliputi meter (m), desimeter (dm), dekameter (dam), cm (centimeter), hektometer (hm), dan sejenisnya.

Baca Juga:  Konversi 1 hm Berapa cm, Cara Hitung dan Contoh Soal

Satuan tidak baku terdiri atas satuan hasta, satuan depa, dan satuan jengkal. Sama halnya dengan jenis satuan meter dan desimeter, pengukurannya biasa menggunakan rol meter, penggaris serta meteran. Untuk mengetahui jawaban 3 meter berapa desimeter, siswa bisa langsung mengingat tangga satuan.

Berdasarkan tangga satuan panjang, meter terletak tepat di atas satuan desimeter. Jika pertanyaannya 3 meter berapa desimeter? Tinggal kalikan angka 3 dengan angka 10. Tentunya sesuai dengan prinsip tangga satuan, posisi turun ke bawah cukup dikalikan mulai angka 10, 100, 1000 dan seterusnya.

Pertanyaan 3 m berapa dm? Jawabannya 3 x 10 = 30 dm, dimana menunjukkan bahwa nilai 3 meter setara dengan 30 desimeter. Ketika ada pertanyaan lain 40 m berapa dm? Tinggal kalikan 40 x 10 =100 dm menunjukkan bahwa nilai 40 meter setara dengan 400 dm.

Contoh Soal Meter dan Desimeter

Masih banyak model soal lain yang menunjukkan penggunaan satuan panjang untuk menyelesaikannya. Satuan meter (m) dan desimeter (dm) seringkali keluar dalam soal Matematika, sehingga penting bagi para siswa memahami posisi satuan dalam tangga satuan panjang.

Baca Juga:  1 Ons Berapa mg? Cara Menghitung dan Contoh Soal

1. 400 m + 300 cm – 100 dm = (Ubah menjadi satuan dm)

400 m x 10 = 4000 dm

300 cm /10 = 30 dm

Jawabannya 4000 dm + 30 dm – 100 dm = 3.930 dm

2. Contoh Soal

Jarak tempat duduk Anita ke papan tulis sekitar 2 meter. Lalu berapa dm jarak tempat duduk Anita ke papan tulis?

2 meter x 10 = 200 dm, jadi jarak tempat duduk Anita ke papan tulis sekitar 200 dm.

Mengenai pertanyaan 3 m berapa dm? Jawabannya mudah, tinggal kalikan 3 m x 10 = 30 dm. Syarat untuk menyelesaikannya, kamu perlu menghafal posisi tangga satuan panjang. Berbagai bentuk soal satuan panjang akan cepat terselesaikan, asalkan para siswa hafal posisinya dalam tangga satuan.