1 ML Berapa Sendok Makan? Cara Hitung Takaran Tercepat

Bppkibandung.id – Sendok makan adalah salah satu alat ukur yang sering dipakai oleh masyarakat Indonesia untuk mengukur jumlah bahan makanan yang dibutuhkan. Namun, tidak sedikit orang yang penasaran sebenarnya 1 ml berapa sendok makan. Untuk itu, melalui artikel ini kami akan membahasnya.

Salah satu alasan kenapa sebagian orang lebih suka memakai sendok makan untuk mengukur jumlah bahan makanan, obat sirup, dan minyak adalah karena cara ini cenderung lebih mudah dan praktis. Hal ini tentu berbeda ketika kamu menghitungnya dengan menggunakan timbangan atau alat lainnya.

Biasanya, orang-orang akan lebih membutuhkan informasi tentang hal ini ketika mereka harus mencari tahu takaran sendok makan, untuk obat sirup yang harus dikonsumsi oleh dirinya ataupun anggota keluarga lainnya. Jadi, tidak ada salahnya untuk memahami setiap poin yang ada di artikel ini.

Takaran 1 Ml Berapa Sendok Makan?

Untuk mengetahui berapa hasil konversi 1 ml menjadi takaran sendok makan ini, kamu harus tahu terlebih dahulu bahwa 1 sendok makan setara dengan 15 ml air. Jadi, 1 ml obat sirup, air, maupun benda cair seperti ini lainnya tidak akan mencapai 1 sendok makan berukuran standar.

Baca Juga:  Menghitung 1 Oz Berapa mL dengan Rumus Konversinya

Tidak hanya digunakan di negara Indonesia saja, tapi konversi standar ini juga digunakan di beberapa negara lainnya. Hal ini berbeda dengan hasil konversi 1 sendok teh menjadi satuan ml yang tidak lain sebesar 5 ml. Sebab, ukuran sendok teh jauh lebih kecil dibanding sendok makan.

Namun, kami ingatkan kembali bahwa hasil konversi 1 ml berapa sendok makan ini bisa dipengaruhi oleh ukuran sendok yang digunakan untuk menghitung. Maka dari itu, orang-orang lebih disarankan untuk menggunakan sendok makan berukuran standar, agar kamu tidak salah menghitungnya.

Contoh Menghitung 1 Ml Air Berapa Sendok Makan

Untuk lebih memahami perhitungan di atas, kami akan membagikan contoh soalnya yang mudah dipahami, yaitu:

1. Contoh Soal Pertama

Dalam sebuah resep dibutuhkan 30 ml air untuk memasak sebuah kue bertekstur kenyal. Lantas, berapa sendok makan air yang dibutuhkan untuk memasak kue tersebut?

15 ml = 1 sendok makan

30 ml / 15 ml = 2 sendok makan

Jadi, jumlah air yang dibutuhkan untuk memasak kue tersebut adalah sebanyak 2 sendok makan.

Baca Juga:  120 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Hitung Tercepatnya

2. Contoh Soal Kedua

Bayu harus mengambil 60 ml air untuk memasak brownies yang lezat. Lantas, berapa sendok makan air yang dibutuhkan oleh Bayu?

15 ml = 1 sendok makan

60 ml / 15 ml = 4 sendok makan

Dengan begitu, jumlah air yang dibutuhkan oleh Bayu sebanyak 4 sendok makan berukuran standar.

Dengan melihat cara dan contoh menghitung 1 ml berapa sendok makan yang ada di atas, kamu bisa tahu bahwa 1 ml air jumlahnya akan sangat sedikit. Sebab, satu sendok makan air akan setara dengan 15 ml.