15 dm Berapa cm? Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

Bppkibandung.id – Pengukuran panjang memang sering dibutuhkan dalam beberapa kepentingan seperti mengukur jarak suatu benda, ketebalan benda, panjang ruangan, dan lainnya. Nah, biasanya dalam pengukuran sendiri membutuhkan tangga satuan sebagai patokannya. Bisakah menjawab pertanyaan 15 dm berapa cm?

Desimeter (dm) dan centimeter (cm) merupakan dua satuan yang sering kali muncul dalam soal MTK jenjang sekolah SD sampai perguruan tinggi. Untuk memahami cara memecahkan soal, kamu perlu hafal dengan tangga satuan panjang yang dimulai dari satuan km, hm, dam, m, dm, cm, dan mm terbawah.

Pada pembahasan kali ini, para siswa akan memahami cara menentukan nilai 15 dm setara dengan berapa centimeter. Ada juga beberapa contoh soal satuan panjang yang sering muncul dalam soal ujian MTK, sehingga para siswa mampu menyelesaikan soal dengan cepat dan tepat nantinya.

Kira-Kira 15 dm Berapa cm?

Dalam urutan tangga satuan panjang sudah terlihat bahwa satuan desimeter (dm) ke centimeter (cm) mengalami penurunan satu tangga. Jika posisi satuan dm ke cm turun satu tangga, maka nilainya harus dikalikan dengan angka 10 untuk menyamakan satuan menjadi cm (centimeter) keseluruhan.

Baca Juga:  1 Kg Berapa Ons? Cara Hitung dan Satuan Konversinya

15 dm (desimeter) =………………….cm

15 dm x 10 = 150 cm

Berdasarkan penjelasan di atas sudah menunjukkan, nilai 15 dm (desimeter) sudah setara dengan 150 cm (centimeter). Biasanya pengukuran panjang diperlukan untuk mengetahui besar sebuah ruangan, jarak antar benda, dan jarak perjalanan yang ditempuh seseorang selama dalam perjalanan.

Contoh Soal Desimeter dan Centimeter

Sudah paham kan cara menyelesaikan 15 dm berapa cm? Soal satuan panjang tidak hanya disajikan sesuai pembahasan sebelumnya. Bisa saja kamu menemui tipe soal lain yang merujuk ke pengukuran panjang, namun tetap pegang tangga meter sebagai acuan mendapatkan jawaban paling tepat.

1. 5 dm + 3 m + 50 cm – 7 mm = …………….cm

5 dm = 5 x 10 = 50 cm (turun satu tangga dm ke cm)

3 m = 3 x 100 = 300 cm (turun dua tangga m ke cm)

70 mm = 70 / 10 = 7 cm (naik satu tangga mm ke cm)

Jawabannya 50 cm + 300 cm + 50 cm – 7 cm = 393 cm

2. Contoh Soal 2

Ibu ke pasar membeli kain kuning berukuran 5 dm dan kain merah 3 dm. Kira-kira berapa cm total kain yang dibeli oleh ibu?

Baca Juga:  1 Gram Berapa mL? Cara Menghitung dengan Rumus Konversi

5 dm = 5 x 10 = 50 cm

3 desimeter = 3 x 10 = 30 cm

Total kain ibu 50 cm + 30 cm = 80 cm

Untuk menjawab pertanyaan 15 dm berapa cm, tinggal kalikan angka 15 dengan angka 10. Mengapa demikian? Karena pada tangga meter, posisi dm (desimeter) ke cm (centimeter) turun satu tangga. Kamu tinggal kalikan nilai satuan sesuai banyaknya penurunan tangga yang sudah terjadi nantinya.