Cara Hitung 2 oz Berapa mL dan Gram Lengkap dengan Rumus

Bppkibandung.id – Ons (disingkat oz) dikenal sebagai satuan berat terkecil dalam sistem pengukuran Amerika Serikat. Satuan ini juga digunakan di beberapa negara lain, termasuk Indonesia untuk menyatakan berat suatu zat. Dalam hal ini, zat yang dimaksud tidak hanya padat, tetapi juga cair seperti 2 oz berapa mL.

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin sering mendengar buah-buahan, tepung, atau gula yang ditimbang dalam satuan ons. Di Indonesia, pengukuran berat tersebut cenderung lebih sering digunakan untuk zat padat. Akan tetapi, ons atau oz ternyata bisa digunakan pada zat cair.

Umumnya, ons cairan dikonversi ke dalam satuan milimeter (mL) agar lebih mudah untuk dihitung. Hal inilah yang membuat kamu penting untuk mengetahui cara konversi tersebut agar bisa mendapatkan hasil yang akurat. Jika tidak, maka terjadi kekeliruan saat mengukur jumlah cairan atau zat tertentu.

2 oz Berapa mL

Dalam sistem pengukuran Amerika Serikat, 1 oz setara dengan 29,57 mililiter. Secara umum, untuk melakukan konversi suatu nilai dapat menggunakan kalkulator agar lebih praktis. Kalkulator konversi satuan ini berbeda dengan yang umum dipakai untuk menghitung dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  250 ml Berapa Liter? Cara Menghitung Sesuai Tangga Satuan

Akan tetapi, kalkulator konversi satuan tersedia dalam situs tertentu yang bisa diakses melalui internet secara langsung. Jangan khawatir, cukup banyak situs yang menyediakan fitur kalkulator konversi satuan sehingga tidak sulit untuk ditemukan. Namun, jika ingin menghitung manual bisa dengan cara:

1 oz = 29,57 mL

2 oz = … mL?

= 29,57 mL x 2?

= 51,14 mL

Jadi, 2 oz setara dengan 51,14 mL.

Hitung manual konversi satuan diatas juga mudah untuk dilakukan jika kamu mengetahui nilai dari 1 oz. Semakin besar jumlah oz, maka semakin banyak pula volume suatu cairan. Apabila kamu kesulitan untuk menghitung konversi satuan dengan operasi perkalian, gunakan bantuan kalkulator.

2 oz Berapa Gram

Meskipun termasuk satuan cairan, oz juga bisa dikonversi dalam gram. Perlu diketahui bahwa 1 oz setara dengan 28,35 gram. Jadi, jika kamu melihat keterangan bahan yang menuliskan 1 oz, maka dalam gram massanya jauh lebih besar. Sistem konversinya pun hampir sama dengan oz ke mililiter.

Jika 2 oz berapa mL dapat ditentukan dengan sistem perkalian, maka ke gram pun demikian. Kamu bisa menggunakan alternatif kalkulator untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dan akurat. Akan tetapi, cara manual dengan menghitung pun cukup efektif karena bisa dilakukan oleh siapapun.

Baca Juga:  5 cc Berapa mL? Konversi Satuan dan Cara Hitungnya

1 oz = 28,35 gram

2 oz = 2 x 28,35 gram

= 56,7 gram

Oz merupakan salah satu satuan yang mungkin jarang diketahui orang Indonesia. Satuan ini lebih sering dikenal sebagai ons, yakni satuan berat yang paling kecil untuk mengukur zat padat. Namun, 2 oz berapa mL juga tetap bisa dihitung karena terdapat satuan oz cairan dalam sistem AS.