200 mL Berapa Sendok Makan? Cara Hitung & Jawaban

Bppkibandung.id – Dapur sudah menjadi tempat memasak yang dipenuhi dengan berbagai macam perhitungan. Salah satu perhitungannya yaitu konversi antara mililiter dengan sendok makan (sdm). Bagi yang belum paham, tentu akan sulit untuk mengkonversi 200 ml berapa sendok makan.

Konversinya sangat simpel karena hanya perlu mengetahui volume mililiter (ml) dalam satu sendok makan. Supaya semakin paham, sebaiknya simak penjelasannya secara detail berikut ini.

Volume Mililiter dalam 1 Sendok Makan

Sebelum menghitung 200 ml berapa sendok makan, pahami terlebih dahulu ukuran sendok makan dalam menampung volume air. 1 sendok makan secara umum hanya dapat menampung  15 mililiter air atau cairan.

Sendok makan (sdm) ini bisa digunakan untuk menghitung berbagai satuan takaran secara tepat dan akurat. Selain itu, ada pula sendok makan lainnya yang hanya menampung 10 ml air. Namun jenis sendok makan tersebut tidak memiliki ukuran sesuai standar yang disepakati.

Baca Juga:  150 mL Air Berapa Sendok Makan? Cara Menghitung Tercepat

Satuan takaran ml ke sdm sendiri  dibutuhkan untuk menakar bahan makanan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Selain air, bisa juga untuk menakar minyak goreng, susu, gula cair, dan bahan olahan lainnya.

Takaran 200 Ml Berapa Sendok Makan?

Satu sendok makan (sdm) umumnya memiliki takaran yang setara dengan 15 mililiter air. Untuk mengkonversi 200 mililiter ke sendok makan, berarti tinggal dibagi dengan 15 ml per sendok makan. Simak rincian perhitungannya secara lebih jelas di bawah ini:

Diketahui: 1 sendok makan = 15 mililiter air

Jawab:

Sendok makan= volume air : 15 mililiter (per sendok makan)

= 200 ml : 15 ml

= 13,3 sendok makan

Jadi, dalam takaran 200 mililiter air setara dengan 13,3 sendok makan atau dibulatkan menjadi 13.

Contoh Soal Konversi Mililiter ke Sendok Makan (Sdm)

Pada pembahasan lebih lanjut akan dibagikan beberapa contoh soal konversi dari mililiter ke sendok makan (sdm). Berikut ini beberapa contoh soalnya:

Soal 1

Ibu Titin ingin membuat kue yang dipesan oleh pelanggannya. Pada resep yang digunakan, dibutuhkan 60 ml sirup vanila yang perlu dimasukkan dalam adonan. Berapa sendok makan (sdm) yang harus digunakan?

Baca Juga:  30 Liter Berapa Kg Beras, Air, Gula, Minyak? Ini Jawabannya

Diketahui:

1 sdm (sendok makan) = 15 mililiter

Sirup vanila yang dibutuhkan: 60 mililiter

Perhitungannya adalah sendok makan= 60 mililiter : 15 mililiter = 4

Jadi, ibu Titin perlu memasukkan 4 sendok makan sirup vanila dalam adonan kue.

Soal 2

Dalam resep menyebutkan bahwa gula cair yang perlu dimasukkan dalam adonan adalah 30 mililiter. Berapa sendok makan yang perlu dicampur dalam adonan?

Diketahui:

1 sdm (sendok makan) = 15 mililiter

Gula cair yang dibutuhkan= 30 mililiter

Maka, perhitungannya adalah seperti berikut 30 : 15 = 2

Jadi, gula cair yang harus dimasukkan dalam adonan kue yaitu sekitar 2 sendok makan.

Setiap sendok makan (sdm) secara umum mampu menampung sekitar 15 mililiter air atau cairan. Ini bisa dijadikan untuk menghitung 200 ml berapa sendok makan atau sebaliknya. Hasilnya dipastikan akurat sehingga tidak akan terjadi kesalahan dalam pengukuran bahan.