5 Gram Berapa mL? Cara Hitung Berdasarkan Densitasnya

Bppkibandung.id – Dalam menjawab pertanyaan 5 gram berapa mL, tidak perlu keahlian khusus. Kamu hanya perlu mengetahui rumus serta cara kerjanya agar bisa mendapatkan hasil yang sesuai. Dalam ilmu kimia, konversi dari gram ke mililiter atau sebaliknya digunakan untuk mengukur jumlah zat cair dengan akurat.

Tetapi bukan itu saja, dalam memasak atau membuat resep, kamu mungkin akan menemui instruksi yang menggunakan satuan berbeda untuk massa dan volume. Pemahaman konversi antara gram dan mililiter memungkinkan kita untuk mengukur bahan-bahan secara akurat.

Oleh karena itu, mengetahui cara hitung gram ke mililiter sangatlah penting. Terutama untuk membaca dan memahami label nutrisi dengan benar, pemahaman konversi diperlukan. Mari simak bagaimana cara melakukan konversi gram ke mililiter secara lebih jelas!

Cara Menghitung 5 Gram Berapa mL

Untuk menghitung berapa mililiter (mL) dalam 5 gram suatu zat, perlu mengetahui densitas atau massa jenis zat tersebut. Densitas adalah massa per satuan volume, dan dapat bervariasi tergantung pada jenis zat. Namun, jika sudah tahu densitasnya, maka bisa langsung menggunakan rumus konversi:

  • Volume (mililiter) = Massa (gram / Densitas (gram/mililiter)
Baca Juga:  1 dag Berapa Ons? Cara Menghitung dan Contoh Soal

Misalnya, jika densitasnya adalah 2 g/mL, maka dapat menghitung 5 gram berapa mL (5 gram = mL) dengan cara sebagai berikut:

  • Volume (mL) = 5 gram / 2 g/mL = 2,5 mL.

Sebagai catatan, untuk air pada suhu kamar, densitasnya sekitar 1 g/mL. Jadi, jika beratnya 5 gram dan itu adalah air, maka volumenya juga akan sekitar 5 mL. Namun, untuk zat lain, densitasnya bisa berbeda, dan kamu perlu mengetahui nilai densitas untuk menghitung volume yang akurat.

Contoh Soal dan Pembahasannya

1. Soal 1

Sebuah larutan gula memiliki densitas sebesar 1,2 g/mL. Jika kita memiliki 150 gram gula, berapa volume larutan gula dalam mililiter?

Pembahasan:

  • Gunakan rumus Volume (mL) = Massa (g) / Densitas (g/mL)
  • Maka, Volume (mL) = 150 gram / 1,2 g/mL = 125.
  • Jadi, jawaban yang benar adalah 125 mL.

2. Soal 2

Sebuah minyak memiliki densitas sebesar 0,9 g/mL. Jika kita ingin memiliki 200 gram minyak, berapa volume minyak yang harus diukur dalam mililiter?

Pembahasan:

  • Gunakan rumus Volume (mL) = Massa (g) / Densitas (g/mL)
  • Maka, Volume (mL) = 200 gram / 0,9 g/mL = 222,22…. mL.
  • Jadi, kurang lebih jawabannya adalah 222.
Baca Juga:  1 hm Berapa m? Cara Menghitung dan Konversi Panjang

3. Soal 3

Sebuah cairan pembersih memiliki densitas 0,8 g/mL. Jika kita ingin memiliki 250 gram cairan pembersih, berapa volume cairan pembersih yang harus diukur dalam mililiter?

Pembahasan:

  • Gunakan rumus Volume (mL) = Massa (g) / Densitas (g/mL)
  • Maka, Volume (mL) = 250 gram / 0,8 g/mL = 312,5 mL
  • Jadi, jawabannya adalah 312,5 mL.

Contoh sekaligus pembahasan soal 5 gram berapa mL di atas melibatkan konversi dari gram ke mL dengan memanfaatkan densitas zat cair yang bersangkutan. Densitas memberikan hubungan antara massa dan volume dalam suatu zat cair, dan rumus konversi ini digunakan untuk menentukan volumenya.