900 CC Berapa mL? Cara Menghitung dan Contoh Soal Lain

Bppkibandung.id – Bagaimana kamu akan menjawab pertanyaan 900 cc berapa ml? Ketika mengukur volume, digunakan satuan yang berbeda, bergantung konteks serta zat yang akan diukur. Satuan yang seringkali dipakai untuk volume paling kecil adalah mililiter (ml) dan sentimeter kubik (cc).

Beberapa orang menggunakan dua satuan tersebut secara bergantian. Tapi sebelum kamu menggunakan salah satunya, sebaiknya pahami faktor konversi yang berlaku terlebih dahulu. Satuan ml serta cc merupakan satuan untuk mengukur volume dalam sistem metrik.

Kesetaraan Antara CC dan ML

Jawaban untuk 1 cc sama dengan berapa ml adalah 1 ml. Prinsip dasar ini wajib diingat karena akan mempengaruhi volume yang lebih besar. Kesetaraan antara cc dan ml disebabkan oleh kuantitas fisik yang sama-sama diwakili oleh kedua satuan tersebut.

Karena kesamaan itulah, nilai numerik pengukuran yang dimiliki oleh cc akan selalu sama ketika satuannya diubah menjadi ml. Dengan memahami konversi antara cc dengan ml, kamu bisa menerapkannya di berbagai bidang.

Baca Juga:  500 mL Berapa Kg? Cara Menjawab dan Konversinya

Kesetaraan ini bisa sangat bermanfaat dalam bidang farmakologi, kimia, kedokteran, dan lain sebagainya. dalam pengaturan laboratorium dan kimia, pengukuran larutan dan cairan yang tepat dengan satuan cc dan ml merupakan hal yang sangat penting.

Perbedaan 900 CC Berapa ML

Karena kesetaraan antara cc dengan ml, tidak ada rumus khusus untuk mengkonversi cc menjadi mili, cukup ganti atau ubah satuannya saja. Misalnya, jika sebelumnya ada suatu benda dengan volume 5 cc, maka bisa langsung dikonversikan menjadi 5 ml.

Begitu juga, kalau suatu benda mempunyai volume 10 cc, maka berapa mili volume benda tersebut? Jawabannya adalah 10 ml. Jumlah ml dan cc akan selalu sama. Tapi, ada perbedaan antara kedua satuan volume tersebut. Apa perbedaanya?

  • Satuan mililiter atau ml hanya akan digunakan untuk mengukur benda yang berbentuk cairan atau benda cair.
  • Satuan sentimeter kubik atau cc akan digunakan saat melakukan pengukuran volume benda gas atau padat.

Meskipun ada perbedaan antara kedua satuan volume tersebut, satuannya selalu bisa diganti secara langsung tanpa harus melakukan konversi apapun. Lalu, berapa jawaban untuk 900 cc berapa ml? Langsung saja ubah satuannya, sehingga jawabannya adalah 900 ml.

Baca Juga:  250 Gram Tepung Terigu Berapa Sendok Makan? Ini Jawabannya!

Beberapa Contoh Lain Konversi CC menjadi ML

Jika ada soal yang meminta kamu untuk mengkonversi cc menjadi ml, coba cermati contoh dibawah ini agar bisa menjawab soal serupa.

  • Ubah 750 cc menjadi ml.

750 cc = 750 ml.

  • Berapa mililiter-kah 500cc?

500 cc sama dengan 500 ml.

  • Konversikan 2500 ml menjadi cc.

2500 ml = 2500 cc.

Jawaban untuk 900 cc berapa ml adalah 900 ml, karena kedua satuan tersebut bersifat setara. Berapapun angka yang ada di depan satuan cc, tidak akan berubah ketika satuannya diubah menjadi ml. Prinsip ini berlaku sebaliknya, berapapun angka di depan ml akan sama ketika diubah jadi cc.