1 Ons Berapa Liter? Rumus Menghitung dan Pembahasannya

Bppkibandung.id – 1 ons berapa liter? Pertanyaan tersebut pada dasarnya terdiri atas dua jenis satuan yang berbeda. Ons merupakan salah satu dari satuan berat yang lazim digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berbeda dengan liter yang termasuk ke dalam satuan volume.

Ons, yang sering kali diidentikan dengan berat benda, memiliki keterkaitan langsung dengan massa atau berat suatu objek. Di sisi lain, liter digunakan untuk mengukur volume, yang mencakup ruang yang dapat ditempati oleh suatu zat.

Konversi antara ons dan liter memerlukan pertimbangan terhadap densitas bahan tersebut, yang menunjukkan seberapa padat atau seberapa rapat partikel dalam zat tersebut berada. Maka dari itu, kamu perlu menyimak ulasan lengkapnya sebagai berikut:

1 Ons Berapa Liter? Inilah Rumus Perhitungannya!

Berapa liter yang setara dengan 1 ons? Untuk air murni, 1 ons (oz) mengukur sekitar 0.0283495 liter (l) karena kerapatan air sekitar 1 gram per sentimeter kubik (g/cm³). Perlu diingat bahwa nilai ini dapat mengalami sedikit perubahan dengan fluktuasi suhu dan tekanan.

Baca Juga:  16 Oz Berapa mL? Cara Menghitung, Konsep dan Jawabannya

Kenaikan suhu dapat menyebabkan penurunan kerapatan sementara peningkatan tekanan akan meningkatkannya. Sifat tersebut umumnya berlaku untuk banyak cairan, termasuk air, namun bisa ada pengecualian tergantung pada kondisi khususnya. Berikut adalah cara hitungnya:

liter = (ons × 0.0283495) / kepadatan bahan

liter = (1 × 0.0283495) / 1

liter = 0.0283495

1 oz = 0.0283495 l (air)

Penjelasan dari pertanyaan 1 ons berapa liter telah dijelaskan secara runtut melalui rumus perhitungan di atas. Kamu bisa menjadikan patokan 1 ons = 0.0283495 liter sebagai acuan saat ingin mengonversi satuan ons ke liter.

Agar lebih memahami perhitungan di atas, kamu perlu mempelajari juga tentang contoh soal yang memuat konversi dari ons ke liter. Meskipun keduanya merupakan jenis satuan yang berbeda, tidak jarang pula hal tersebut ditemui di kehidupan nyata.

Contoh Soal Konversi Ons ke Liter

Jika 1 ons setara dengan 0.0283495 liter, maka sekitar 33,8 ons cairan yang berada di dalam 1 liter. Konversi tersebut kerap digunakan di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya. Lantas, contoh soal konversi dari ons ke liter adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  1000 cm Berapa dm? Jawaban dan Cara Hitung Satuan Panjang

Sebuah wadah berisi 24 ons susu. Berapa liter susu dalam wadah tersebut?

Jawaban:

Volume susu = 24 ons × 0.0283495 liter/ons

Volume susu ≈ 0.680388 liter

Jadi, wadah tersebut berisi sekitar 0.680388 liter susu.

Begitu pula dengan contoh soal lainnya, kamu hanya perlu mengalikan besar satuan ons yang diketahui dengan 0.0283495 liter. Dengan begitu, kamu akan memperoleh hasil dari konversi ons ke satuan liter.

Penjabaran dari rumus dasar konversi 1 ons berapa liter telah dijelaskan dengan runtut melalui ulasan di atas. Kamu juga bisa mempelajari contoh soal yang tersedia dengan baik agar semakin memahami tentang cara konversi satuan berat dan volume.