100 ml Berapa cm3? Cara Hitung dan Konsep Konversinya

Sebagai benda cair, mengukur air tentu lebih sulit dibandingkan dengan benda padat. Air tidak bisa digenggam dan volumenya bisa langsung berkurang saat melewati celah-celah kecil. Sebagai contoh, mengukur 100 mL berapa cm3 tidak dilakukan dengan timbangan, tetapi alat ukur yang bervolume.

Satuan mililiter (mL) dengan sentimeter kubik (cm3) dapat dikonversi antar satu sama lain. Hal ini disebabkan karena satuan keduanya memiliki nilai yang setara. Dengan kata lain, satu sentimeter kubik setara dengan satu mililiter, begitupun sebaliknya. Jadi, konversi satuannya menjadi sangat mudah.

Meskipun demikian, faktanya masih banyak yang merasa kesulitan untuk melakukan pengubahan satuan pada benda cair. Apalagi, jika memperhatikan konsentrasi, bentuk, serta ukuran suatu wadah, dimana benda cair akan selalu berubah bentuk (tidak tetap) mengikuti wadah yang ditempatinya.

100 mL Berapa cm3

Konversi mL ke cm3 dapat dilakukan dengan sangat mudah jika mengetahui hubungan antar satuannya. Perhatikan banyak sentimeter kubik adalah satuan volume yang tentu saja berbeda dengan sentimeter yang merupakan satuan panjang. Meskipun hampir sama, tetapi fungsi keduanya berbeda.

Baca Juga:  1 Ons Berapa Hg? Cara Hitung dan Tangga Satuan Berat

Jika ingin menghitung panjang suatu tali, maka dapat dinyatakan dalam satuan sentimeter. Sementara itu, sentimeter kubik dapat digunakan untuk menyatakan volume suatu benda, baik benda padat, cair, maupun gas. Nah, berikut cara menghitung nilai 100 mililiter berapa dalam satuan sentimeter kubik.

1 mL                 = 1 cm3

100 mL             = … cm3?

                        = 100 x 1 cm3

                        = 100 cm3

Jadi, 100 mL setara dengan 1 cm3

Konversi satuan dari mililiter ke sentimeter kubik atau sebaliknya dalam jumlah apapun tidak akan sulit karena nilainya yang setara. Dengan kata lain, semakin besar volume suatu benda cair dalam satuan mililiter, maka semakin besar pula nilainya jika dikonversi dalam sentimeter kubik.

1 Liter Berapa cm3

Setelah memahami konsep konversi dua satuan diatas, pertanyaan lain yang juga sering muncul adalah 1 liter berapa cm3. Perlu diperhatikan bahwa satuan liter tidak setara dengan sentimeter kubik. Nah, untuk menyelesaikan pertanyaan tersebut, konversi terlebih dahulu satuan liter ke mililiter.

Seperti yang diketahui, bahwa volume 1 liter setara dengan 1000 mL. Setelah mendapatkan volume dalam satuan mililiter, selanjutnya hanya perlu dikonversi ke sentimeter kubik seperti cara 100 mL berapa cm3 diatas. Jika masih merasa bingung dengan perhitungannya, perhatikan cara berikut ini.

Baca Juga:  Cara Menghitung 2 Liter Berapa mL dan Pembahasannya

1 liter                = 1.000 mL

1 liter                = … cm3?

                        = 1.000 mL x 1 cm3

                        = 1.000 cm3

Jadi, 1 liter sama dengan 1.000 cm3.

Untuk menyelesaikan konversi 100 mL berapa cm3 harus mengetahui nilai 1 mL berapa cm3 terlebih dahulu. Nilai setara antara keduanya akan membuat perhitungan bisa langsung dilakukan. Bahkan, tanpa perlu menggunakan rumus atau perhitungan yang rumit untuk mendapatkan hasil akhirnya.